Negara-negara ASEAN Sepakat Perkuat Kerja Sama

Kompas.com - 15/09/2012, 02:34 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Negara-negara Asia Tenggara sepakat memperkuat kerja sama menyelamatkan dan melestarikan warisan budaya tak benda. Pusat Warisan Budaya Tak Benda Asia Pasifik mendorong semua negara ASEAN segera meratifikasi Konvensi UNESCO 2003.

Melalui ratifikasi konvensi warisan budaya tak benda itu, setiap negara diwajibkan membuat undang-undang untuk melindungi warisan budaya tak bendanya. Dalam Konvensi UNESCO 2003 disebutkan, warisan budaya tak benda mengandung arti berbagai praktik, representasi, ekspresi, pengetahuan, dan keterampilan yang diakui komunitas, kelompok, dan dalam beberapa hal tertentu diakui perorangan sebagai bagian warisan budaya mereka.

Direktur Pelaksana Pusat Warisan Budaya Tak Benda Asia Pasifik (Intangible Cultural Heritage Centre for Asia and the Pacific/ICHCAP) Seong-Yong Park, Kamis (13/9), mengatakan, jika semua negara meratifikasi konvensi, kerja sama antarnegara lebih mudah.

Pada pertemuan Sub-Regional Penyelamatan Warisan Budaya Tak Benda di Asia Pasifik, beberapa waktu lalu, disepakati, negara-negara di ASEAN akan menghargai dan bersama-sama menjaga warisan budaya jika ditemukan warisan budaya itu juga dipraktikkan di negara lain.

”Jangan sampai persoalan warisan budaya tak benda menciptakan konflik yang merusak hubungan politik antarnegara. Diharapkan kebudayaan justru mencegah konflik karena kesadaran kesamaan budaya,” ungkap Seong-Yong Park. Kini, 144 negara meratifikasi Konvensi UNESCO 2003, termasuk Indonesia.

Tahun 2003, wayang masuk daftar UNESCO, disusul keris, batik, angklung, dan tari saman. Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), hingga 2001, Indonesia memiliki 2.108 warisan budaya tak benda.

Menurut Direktur Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Kemdikbud Etty Indriati, pemerintah punya 33 kantor unit di 11 kota. Mereka meneliti warisan budaya tak benda. (IND)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.