Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jatim Siapkan Perumahan bagi Pengungsi Sampang

Kompas.com - 08/09/2012, 20:29 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan perumahan sementara bagi para pengungsi korban kekerasan di Sampang, Madura, Jatim. Lokasi perumahan tersebut berada di Kabupaten Sampang. Diharapkan solusi ini disetujui para pengungsi karena kondisi penampungan saat ini dinilai sangat memprihatinkan.            

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo saat rapat Penanganan Konflik Sampang di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (8/9/2012).            

Soekarwo mengatakan, solusi ini merupakan opsi yang terbaik mengingat sampai saat ini pengungsi belum mau menerima tawaran Pemprov Jatim untuk pindah sementara ke Rumah Susun di Jemundo, Sidoarjo. "Langkah ini sebagai bukti bahwa pemerintah bukan bermaksud merelokasi, tapi murni atas rasa kemanusiaan," katanya.        

Lokasi perumahan akan disurvei terlebih dahulu oleh Pemkab Sampang, kemudian secepatnya pengungsi dipindahkan karena kondisi mereka banyak yang terserang penyakit seperti flu, batuk, dan diare, Bahkan ada yang terserang wabah tomcat. "Bupati Sampang menargetkan satu minggu untuk penentuan lokasinya" kata Soekarwo.           

Para pengungsi diupayakan dapat tinggal dalam satu kompleks perumahan, untuk memudahkan pengawasan dan lebih terjamin keamanannya. "Jadi bukan membangun perumahan baru. Tapi menyewa rumah-rumah yang belum terjual dari pengembang, kemudian Pemprov Jatim menanggung biaya sewanya," lanjutnya.              

Selain menyiapkan perumahan, juga menggandeng Kementerian Agama (Kemenag) Jatim melalui Kantor Kemenag Sampang dan IAIN Sunan Ampel Surabaya untuk melakukan pendekatan sekaligus mediasi terhadap pihak yang bertikai. "Ini sebagai solusi secara keagamaan" ucapnya.            

Sementara itu, Bupati Sampang mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan pendekatan kepada Tajul Muluk dan jamaahnya agar menyetujui solusi pindah sementara ke perumahan yang disiapkan pemerintah. "Paling utama pengungsi segera memperoleh tempat tinggal yang layak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com