Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Cantik dengan Lantai Kaca

Kompas.com - 03/09/2012, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda menginginkan sentuhan unik bagi rumah Anda, saat ini ada cara baru untuk memberikan tampilan berbeda. Anda dapat menggunakan lantai kaca sebagai aksen mempercantik rumah Anda.

Lantai kaca akan memberikan kesan dramatis dan eksotis. Namun, tentu saja, hal itu tergantung kondisi ruang dan usaha Anda memadu padankan lantai kaca dengan perabotan di dalamnya.

Selain itu, perlu juga diingat, kaca dapat memantulkan cahaya sesuai dengan sinar lampu yang digunakan serta warna kaca itu sendiri. Jadi, sebaiknya tidak perlu secara penuh menggunakan lantai kaca, melainkan cukup disisipkan di antara lantai keramik. Untuk mempertimbangkan pemakaiannya, berikut beberapa hal perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan tampilan sempurna: 

- Pilih jenis kaca yang tidak licin.

- Hindari penggunaan gelas kaca yang bening karena akan mengurangi privasi Anda. Selain itu, kaca jenis cermin juga dapat menyilaukan mata.

- Perhitungkan juga ketebalan kaca. Kekuatan kaca ketika harus menahan beban lebih lemah ketimbang jenis lantai lain, terutama jika disandingkan dengan kekuatan keramik atau marmer.

- Berikan ukuran yang kecil-kecil untuk menghindari kaca pecah setelah dipasang sebagai lantai, selain memilih kaca yang tebal.

Jenis kaca

Ada dua jenis kaca yang digunakan untuk membuat lantai. Kaca jenis pertama diberi lapisan sehingga sering disebut juga dengan laminated glasses. Jika sampai pecah, pecahannya tidak akan terlepas, namun tetap melekat pada perekatnya.

Jenis kedua adalah lantai glassblock. Lantai jenis ini akan dilapisi dengan adonan semacam pasir yang dinamakan sandblasted finnish.

Cara pelapisan kaca ini dilakukan dengan menyemprotkan pada lantai. Tujuannya untuk mengurangi kelicinan dan pantulan cahaya.

Dalam pemasangan, lantai kaca memerlukan rangka dari pelat besi, stainless steel, atau alumunium. Kelebihan dari lantai kaca, selain tampilannya yang unik, adalah perawatannya cenderung mudah. Namun, hal paling penting lainnya adalah lantai kaca tersebut harus rajin dibersihkan menggunakan lap yang lembut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com