Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepulan Asap Masih Terlihat di Gunung Agung

Kompas.com - 02/09/2012, 12:31 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com -- Kepulan asap masih terlihat di 4 titik kawasan Hutan Gunung Agung, Minggu (2/9/2012) pagi ini. Dua titik kepulan asap berada di wilayah Selatan, Abang dan dua titik kepulan asap lainnya terlihat di wilayah Timur, Kecamatan Kubu. Keempat titik api tersebut masih berada di lokasi kebakaran kemarin dan belum meluas ke wilayah lain.

Sebelumnya, tim SAR sempat mengkhawatirkan kebakaran akan merambat ke pemukiman penduduk di Kecamatan Bebandem, namun sampai pagi ini, titik api masih cukup jauh ke pemukiman.

"Hari ini kita menerjunkan 80 personel (tim SAR gabungan) di Pos 1, Kedampal termasuk unsur TNI untuk melakukan pengendalian," ujar Ketua BPBD Karangasem Nyoman Sutirtayasa saat dihubungi pagi tadi.

Untuk sementara, tim SAR gabungan hanya melakukan pengendalian dan pemantauan titik api karena upaya pemadaman hari sebelumnya tidak efektif.

"Namun jika nanti memungkinkan kita juga akan lakukan pemadaman," jelas Sutirtayasa.

Kekuatan tim SAR gabungan hari ini bertambah dengan bergabungnya relawan dari sejumlah daerah seperti Buleleng dan Denpasar. Relawan rata-rata berasal dari pecinta alam yang ingin berpartisipasi memadamkan api Gunung Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com