Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Aktivitas Anak Pengungsi Sampang

Kompas.com - 31/08/2012, 08:55 WIB
Herpin Dewanto Putro

Penulis

SAMPANG, KOMPAS.com — Puluhan anak-anak pengungsi di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, terus diberi kesibukan supaya tidak jenuh. Komite Anak Sampang mencoba memberikan bermacam kegiatan belajar yang dibalut permainan.

Pada Jumat (31/8/2012) pukul 08.00, anak-anak dikumpulkan di salah satu sisi gedung Lapangan Tennis Indoor Sampang yang menjadi pusat pengungsian. Anak-anak diajak untuk senam supaya badan tetap bugar.

Koordinator Komite Anak Sampang (KAS) Untung Rifai memandu kegiatan ini. Anak-anak dikumpulkan dalam lingkaran dan mengikuti setiap gerakan yang dilakukan Untung. Beberapa anak tertawa dan bercanda, melupakan penderitaan mereka sebagai korban kekerasan.

"Selanjutnya, anak-anak kami kumpulkan sesuai kelas sekolah mereka," kata Untung. Anak-anak itu diberi kegiatan belajar sesuai dengan kurikulum sekolah. Untuk pengajaran ini, Untung dibantu beberapa relawan.

Proses belajar ini harus dilakukan supaya anak-anak pengungsi tidak ketinggalan pelajaran jika sudah masuk ke sekolah. Seperti diketahui, sejak kekerasan di Sampang pecah, anak-anak terpaksa mengungsi. Padahal, sejak Senin pekan ini, mereka seharusnya masuk sekolah.

Di dalam pengungsian, selain mendapat pelajaran dari relawan, anak-anak juga diberi beberapa permainan. Sebagian besar merupakan permainan edukasi dari kayu dan buku mewarnai.

Setelah program belajar selesai, pada hari-hari sebelumnya, anak-anak laki-laki biasanya menghabiskan waktu dengan bermain sepak bola. Mereka melakukannya bahkan hingga larut malam. "Ini tanda ada kejenuhan dalam diri anak karena mereka terus berada di dalam gedung," kata Untung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com