Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Warga Syiah Ditemukan Kelaparan di Semak

Kompas.com - 30/08/2012, 14:30 WIB

SAMPANG, KOMPAS.com — Dua pengikut aliran Islam Syiah, korban penyerangan yang dilakukan kelompok massa, Kamis (30/8/2012), ditemukan kelaparan di semak belukar.    

"Dua pengikut aliran Syiah yang ditemukan dalam kondisi tubuh lemas ini merupakan warga Dusun Nanggernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben. Kini mereka sudah bergabung dengan para pengungsi lain di GOR Sampang," kata Koordinator KontraS Surabaya, Fatkhul Khoir, Kamis (30/8/2012).    

Dengan ditemukannya dua orang ini, maka jumlah pengungsi korban penyerangan kelompok anti-Syiah yang kini menghuni GOR Sampang sebanyak 301 orang.    

KontraS memperkirakan, warga Syiah yang bersembunyi masih banyak karena pengungsi yang terdata baru seratus orang lebih. Padahal dalam peristiwa pertama, jumlah pengungsi mencapai 350 orang lebih.

Kasus penyerangan kelompok Islam Syiah di Dusun Nanggernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Sampang, Madura, ini merupakan yang kedua dalam dua tahun terakhir.

Aksi serupa pernah terjadi pada 29-30 Desember 2011. Ketika itu, rumah pimpinan Islam Syiah, mushala, dan madrasah kelompok Islam minoritas ini diserang oleh kelompok anti-Syiah.    

Kasus penyerangan yang dilakukan oleh kelompok tak dikenal tersebut terhadap kelompok Islam Syiah di Desa Karang Gayam, Sampang, Madura, Minggu (26/8/2012), itu menyebabkan 1 orang tewas dan 6 orang lainnya luka-luka.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com