Kompas.com - 22/08/2012, 14:16 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Yosef Rinta mengatakan, pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kabupaten Paniai, Papua, berjalan normal. Tidak ada perawat atau pasien yang meninggalkan rumah sakit akibat intimidasi pascatertembaknya Brigadir Yohan Kisiwaitouw, anggota Polres Paniai.

"Intimidasi itu tidak benar. Pelayanan kesehatan masih berjalan normal. Cuma memang ada kejadian, tapi itu biasa," kata Yosep ketika dihubungi dari Jakarta, Rabu (22/8/2012).

Yosef mengatakan, beberapa petugas kesehatan meninggalkan rumah sakit lantaran tengah dilakukan renovasi. Kemungkinan, kata dia, situasi itu dimanfaatkan oleh oknum petugas dengan menyebarkan informasi yang tidak benar.

"Ngga ada apa-apa. Saya telepon Kapolres dibilang situasi aman-aman saja. Keamanan terkendali," pungkas Yosep.

Seperti diberitakan, Koordinator Dewan Kesehatan Rakyat Papua-Papua Barat Donald Haipon menyebut aparat keamanan melakukan intimidasi kepada petugas rumah sakit. Intimidasi itu disebut ketika aparat keamanan membawa Yohan. Akibatnya, petugas dan pasien disebut keluar dari rumah sakit.

Brigadir Yohan tertembak ketika tengah mencuci mobil di Bandara Enarotali. Belakangan, penembakan itu diklaim dilakukan oleh anggota Organisasi Papua Merdeka. Yohan mengalami luka tembak di punggung kiri. Menurut pihak rumah sakit, Yohan sudah meninggal dunia dalam perjalanan menuju RSUD.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.