Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Maluku Pimpin HUT RI di Pulau Terluar

Kompas.com - 16/08/2012, 15:43 WIB
Tri Agung Kristanto

Penulis

 

MOROTAI, KOMPAS.com- Gubernur Maluku Utara Thaib Armayn dipastikan memimpin upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara pada Jumat (17/8/2012) besok.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Morotai diprakarsai pula oleh Tim Kerja Pelaksana Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengembangan Pulau-pulau Kecil Terluar.

Kepastian Gubernur Maluku Utara yang akan memimpin itu disampaikan Marina dari Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang juga anggota Tim Kerja Perpres No. 78/2005 di Morotai, Kamis (16/8/2012).

Upacara itu juga akan dihadiri sejumlah pejabat dari Jakarta, antara lain Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir, Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan Sudirman Saad. Sebagai rangkaian peringatan HUT ke-67 Kemerdekaan RI di Morotai, nanti malam digelar renungan malam di Taman Makam Pahlawan Morotai.

Sudirman Saad menjelaskan, upacara HUT Kemerdekaan RI di Morotai itu, adalah yang keempat dari rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI di pulau kecil terluar atau di perbatasan. Acara itu diadakan sebagai wujud kehadiran pemerintah dan negara Indonesia di pulau terluar itu.

Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di pulau terluar dilakukan sejak tahun 2009. Untuk kali pertama kegiatan itu diadakan di Pulau Marore di Sulawesi Utara, lalu tahun 2010 di Pulau Kisar (Maluku), dan tahun 2011 di Pulau Lingayan, Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan itu akan terus dilanjutkan, termasuk melibatkan generasi muda sebagai bagian dari menumbuhkan rasa nasionalisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com