Kompas.com - 15/08/2012, 16:15 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski jumlah pemudik pada tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu, angka pemudik per hari dihitung dari H-10 tetap menunjukkan peningkatan di empat titik stasiun, yaitu Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Stasiun Jatinegara dan Stasiun Jakarta Kota.

Senior Manager Humas PT KAI DAOPS I Mateta Rijalulhaq mengatakan bahwa jumlah pemudik dari hari ke hari semakin meningkat meski tidak sebanyak pada tahun lalu. Ia memperkirakan jumlah pemudik akan terus meningkat memasuki H-3 hingga H-1 jelang Lebaran.

"Tanggal 16, 17 dan 18 Agustus itu jadi favorit. Terbukti tiket cepat habis pada tanggal tersebut, maka jumlahnya pasti akan lebih banyak dari hari sebelumnya," kata Mateta di Jakarta, Rabu (15/8/2012).

Berdasarkan data dari PT KAI yang masuk sejak H-10, jumlah total pemudik mencapai 14.854 penumpang. Pada H-9, jumlahnya naik menjadi 28.240 penumpang dan meningkat lagi pada H-8 menjadi 42.747 penumpang.

Memasuki H-7, angka pemudik dengan kereta api semakin melonjak mencapai 57.886 penumpang dan naik lagi menjadi 73.409 penumpang pada H-6 dan 97.715 penumpang pada H-5 atau Selasa (14/8/2012) kemarin. "Tapi tetap dua stasiun yang menjadi pusat, yaitu Stasiun Gambir untuk kelas eksekutif dan Stasiun Senen untuk bisnis dan ekonomi," ujar Mateta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.