Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Bakal Melonjak pada H-3 Hingga H-1

Kompas.com - 15/08/2012, 16:15 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski jumlah pemudik pada tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu, angka pemudik per hari dihitung dari H-10 tetap menunjukkan peningkatan di empat titik stasiun, yaitu Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Stasiun Jatinegara dan Stasiun Jakarta Kota.

Senior Manager Humas PT KAI DAOPS I Mateta Rijalulhaq mengatakan bahwa jumlah pemudik dari hari ke hari semakin meningkat meski tidak sebanyak pada tahun lalu. Ia memperkirakan jumlah pemudik akan terus meningkat memasuki H-3 hingga H-1 jelang Lebaran.

"Tanggal 16, 17 dan 18 Agustus itu jadi favorit. Terbukti tiket cepat habis pada tanggal tersebut, maka jumlahnya pasti akan lebih banyak dari hari sebelumnya," kata Mateta di Jakarta, Rabu (15/8/2012).

Berdasarkan data dari PT KAI yang masuk sejak H-10, jumlah total pemudik mencapai 14.854 penumpang. Pada H-9, jumlahnya naik menjadi 28.240 penumpang dan meningkat lagi pada H-8 menjadi 42.747 penumpang.

Memasuki H-7, angka pemudik dengan kereta api semakin melonjak mencapai 57.886 penumpang dan naik lagi menjadi 73.409 penumpang pada H-6 dan 97.715 penumpang pada H-5 atau Selasa (14/8/2012) kemarin. "Tapi tetap dua stasiun yang menjadi pusat, yaitu Stasiun Gambir untuk kelas eksekutif dan Stasiun Senen untuk bisnis dan ekonomi," ujar Mateta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com