Kompas.com - 13/08/2012, 21:27 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

MAJENE, KOMPAS.com - Peningkatan arus mudik kendaraan di jalur lintas barat Sulawesi, tepatnya di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Senin (13/8/2012) mulai terhambat. Perbaikan jalan di sejumlah titik yang belum rampung membuat antrean panjang kendaraan terjadi.

Di Kecamatan Sendana, misalnya, sejumlah titik jalan yang mengalami pelebaran dan pengerasan mulai menghambat arus mudik sejak beberapa hari terakhir. Volume kendaran terutama roda dua dan kendaraan pribadi yang melintas di jalur ini membuat kemacetan panjang hampir setiap saat terjadi.

Penyempitan sisi jalan akibat beberapa ruas jalan yang mengalami pelebaran menyebabkan hanya satu sisi jalan yang bisa dimanfaatkan para pemudik secara bergantian. Kondisi ini membuat antrean panjang dari dua arah, karena kendaraan yang melihtas hanya bisa dilalui satu sisi. Pengerasan dan pengikisan ruas jalan sepanjang 6 kilometer di jalur ini ikut memperlambat laju kendaraan para pemudik.

Meski terganggu namun sejumlah pemudik yang tersita waktunya di jalan mengantre masih bisa maklum. Dan berharap perbaikan jalan di jalur ini bisa dipercepat sebelum puncak arus mudik mulai H-3 lebaran agar antrean panjang tidak menghambat pemudik. Cuaca panas dan embusan debu jalan cukup mengganggu para pemudik di jalur ini. Terjebak dalam antrean lanjang seperti ini bisa membuat para pemudik sesak napas lantaran debu yang beterbangan.

Ridwan, salah satu pengendara yang ikut terganggu lantaran harus mengantre akibat adanya sejumlah titik jalan yang masih dibenahi di jalur ini berharap perbaikan jalan yang dimulai sekitar tiga bulan sebelum Ramadhan bisa dipercepat. Ruas jalan satu-satunya yang menghubungkan wilayah Majene, Sulawesi Barat dengan wilayah provinsi lain di sekitarnya ini membuat para pemudik yang terjebak kemacetan dan antrean panjan tak punya alternatif lain untuk menghindari kemacetan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.