Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seratus Petugas Siaga di Terminal Kalideres

Kompas.com - 13/08/2012, 20:51 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mengantisipasi tindak kejahatan saat mudik Lebaran, Polres Jakarta Barat telah mengerahkan seratus petugas untuk melakukan penjagaan. Seratus petugas tersebut akan ditempatkan pada titik-titik rawan yang dianggap berbahaya.

"Petugas kita tempatkan di loket, dan jalur bus untuk menjaga keamanan. Selain petugas berseragam, kita juga menempatkan petugas berpakaian preman," kata petugas Polsek Metro Kalideres IPDA Iwan Amirudin di Jakarta, Senin (13/8/2012).

Iwan menambahkan, seratus personel tersebut terdiri dari 23 petugas dari Polda, 42 dari Polsek yang terdiri dari 7 anggota reskrim, 2 dari intelkom, 3 petugas bromob, 9 Polpos, 12 dari Lantas, dan 9 petugas patroli.

Selain Polda dan Polsek, kata Iwan, Polres juga mengerahkan 35 tim untuk perbantuan. Tim ini di antaranya terdiri dari anggota TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan beberapa instansi lain yang berkaitan dengan kebutuhan arus mudik Lebaran.

Menurut Iwan, dalam sehari petugas akan dibentuk dalam tiga tim. Tim tersebut akan disebar untuk menjaga di beberapa titik yang sering terjadi tindak kekerasan atau penipuan.

Kepala Terminal AKAP Kalideres Hengky Sitorus berharap, dengan diperketatnya keamanan di terminal dapat mengurangi tindak kejahatan.

Selain seratus personel yang dikerahkan, terminal Kalideras juga mempersiapkan lima CCTV untuk menunjang sistem keamanan. Satu CCTV ditempatkan dekat pintu penjualan tiket, dua kamera di ruang tunggu penumpang, sebuah kamera di atas pos pemantauan terminal, dan satu kamera di pintu masuk dan keluar terminal.

"Kamera ini untuk pantauan aja, selain di ruangan saya, kita tempatkan satu LCD di ruang tunggu kantor," ungkap Hengky.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com