Kompas.com - 13/08/2012, 12:10 WIB
|
EditorRusdi Amral

KARAWANG, KOMPAS.com — Para pemudik, khususnya pengguna sepeda motor, diimbau berhati-hati saat melintas di jalur pantura Karawang, Jawa Barat. Sejumlah kecelakaan terjadi di ruas itu dalam dua hari terakhir.

Kemarin, dua pemudik asal Pekalongan dan Purbalingga, Jawa Tengah, yakni Darim (55) dan Kalirin (37), harus meregang nyawa setelah sepeda motornya terserempet dan kemudian terbentur ke sisi luar jalan.

Pagi ini, Senin (13/8/2012), giliran Damuis (52) dan Tukinem (54) yang terluka setelah mengalami kecelakaan di jalur yang sama. Kondisi jalan yang lurus dan mulus kerap membuai pengguna jalan untuk memacu kencang kendaraan mereka. Hambatan lain adalah penyeberang jalan, angkutan kota, dan pedagang di pasar tradisional.

Menurut Heriyanto, petugas di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Karya Husada Cikampek, ada belasan korban kecelakaan dilarikan ke RS Karya Husada dalam 10 hari terakhir. Mayoritas pengguna sepeda motor.

"Sebelum arus mudik ramai, kecelakaan dipicu oleh penutupan jalur yang tengah diperbaiki, banyak di antara korban adalah pengguna sepeda motor yang terserempet kendaraan lain yang lebih besar. Kini jalur sudah dibuka, tak ada perbaikan lagi, tetapi korban tetap berjatuhan," ujarnya.

Pasangan Damuis dan Tukinem, yang hendak mudik ke Wonogiri, Jawa Tengah, menabrak angkutan kota di jalur menuju Cirebon, Senin pagi. Satu pasangan lain yang mudik bersama anak usia 4 tahun, warga Pemalang, Jawa Tengah, juga terserempet dan oleng. Mereka terluka ringan.

Dengan lebar jalur mencapai 7 meter (satu jalur) dan kondisi aspal yang relatif mulus, pengendara kerap memacu kendaraan hingga lebih dari 60 kilometer per jam di jalur itu. Terlebih saat volume kendaraan belum melonjak seperti saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.