Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Demak Siap Sambut Pemudik

Kompas.com - 12/08/2012, 13:10 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com- Museum Masjid Agung Demak, Jawa Tengah, sedang dalam tahap pengembangan dan penataan. Meskipun begitu, museum di negeri Wali Sanga itu tetap siap menyambut pemudik pada Lebaran 2012 ini.

Pada hari Minggu (12/8/2012) ini, museum yang berada di sebelah Masjid Demak itu masih berbenah. Bagian depan pintu masuk museum sedang ditambahi bangunan baru menuju ke museum lama dan makam. Namun, museum itu masih terbuka untuk sejumlah pengunjung.

Para pengunjung tampak melihat-liah koleksi museum peninggalan Kerajaan Demak dan Wali Sanga itu. Koleksi terbesar adalah soko guru atau tiang utama penyangga Masjid Demak peninggalan Wali Songo. Soko guru itu dibuat oleh Sunan Kalijaga, Bonang, Sunan Ampel, dan Sunan Gunungjati.

Museum itu juga menyimpan bedug peninggalan zaman Wali Songo, pintu bledek atau petir, dan peninggalan-peninggalan Kerajaan Demak. Selain itu, terdapat pula papan informasi tentang sejarah renovasi Masjid Agung Demak, silsilah sultan-sultan Demak, dan penjelasan koleksi-koleksi museum.

Pada saat arus mudik dan balik, Masjid Agung Demak kerap menjadi tempat singgah para pemudik. Dengan adanya museum, pemudik akan semakin diperkaya wawasannya dengan aneka peninggalan sejarah Wali Songo dan Kerajaan Demak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com