Kompas.com - 10/08/2012, 11:23 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Menyambut arus mudik Lebaran 2012, PT Jasa Marga (Persero) memprediksi puncak arus mudik jatuh pada H-3 (Kamis, 16 Agustus 2012). Jumlah kendaraan yang akan melintas di gerbang tol Jakarta-Cikampek diperkirakan naik sekitar 178 persen dibandingkan hari biasa.

Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Hasanudin mengungkapkan, jika rata-rata jumlah kendaraan yang melintas sekitar 16.221 per hari, maka pada puncak arus mudik akan mencapai 45.092 kendaraan per hari. Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik jalur darat, pihaknya menyiapkan sejumlah langkah.

"Jasa Marga sudah menyiapkan berbagai langkah penanganan lalu lintas guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang akan mudik Lebaran ke kampung halamannya," ujarnya saat konferensi pers yang dilakukan di PT Jasa Marga, Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (10/8/2012).

Berbagai pembenahan akan dilakukan di berbagai sektor, antara lain transaksi tol, sistem pengaturan lalu lintas, pendirian posko operasional Lebaran, persiapan kendaraan operasional, pemanfaatan informasi dan komunikasi, penyediaan tempat istirahat, dan penggunaan e-toll card.

PT Jasa Marga juga berpartisipasi dalam posko pemantauan arus mudik di Kementerian Perhubungan selama H-9 (10 Agustus 2012) sampai H+7 (27 Agustus 2012). Pemantauan akan dilakukan dengan menampilkan monitor CCTV di jalan tol dan menyediakan data lalu lintas sebagai bahan evaluasi Departemen Perhubungan.

Bagi pemudik yang akan melalui jalur mudik ke arah Cirebon atau Jawa Tengah, PT Jasa Marga mempersiapkan tiga alternatif jalur, yaitu jalur pantura, jalur tengah, dan jalur selatan. Jalur utara yaitu melewati gerbang Tol Pamanukan dan berakhir di gerbang Tol Jatibarang. Jalur tengah yaitu melewati gerbang Tol Sadang dan berakhir di Kadipaten. Sementara jalur selatan melewati gerbang Tol Padalarang dan berakhir di Sumedang.

"Akses informasi yang bisa dimanfaatkan di antaranya radio siaran niaga, spanduk, atau peta resmi. Informasi juga bisa diperoleh melalui telepon Jasa Marga Traffic Information Center (JMTIC) dengan nomor 021-80880123," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.