Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Diprediksi Naik 178 Persen

Kompas.com - 10/08/2012, 11:23 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menyambut arus mudik Lebaran 2012, PT Jasa Marga (Persero) memprediksi puncak arus mudik jatuh pada H-3 (Kamis, 16 Agustus 2012). Jumlah kendaraan yang akan melintas di gerbang tol Jakarta-Cikampek diperkirakan naik sekitar 178 persen dibandingkan hari biasa.

Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Hasanudin mengungkapkan, jika rata-rata jumlah kendaraan yang melintas sekitar 16.221 per hari, maka pada puncak arus mudik akan mencapai 45.092 kendaraan per hari. Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik jalur darat, pihaknya menyiapkan sejumlah langkah.

"Jasa Marga sudah menyiapkan berbagai langkah penanganan lalu lintas guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang akan mudik Lebaran ke kampung halamannya," ujarnya saat konferensi pers yang dilakukan di PT Jasa Marga, Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (10/8/2012).

Berbagai pembenahan akan dilakukan di berbagai sektor, antara lain transaksi tol, sistem pengaturan lalu lintas, pendirian posko operasional Lebaran, persiapan kendaraan operasional, pemanfaatan informasi dan komunikasi, penyediaan tempat istirahat, dan penggunaan e-toll card.

PT Jasa Marga juga berpartisipasi dalam posko pemantauan arus mudik di Kementerian Perhubungan selama H-9 (10 Agustus 2012) sampai H+7 (27 Agustus 2012). Pemantauan akan dilakukan dengan menampilkan monitor CCTV di jalan tol dan menyediakan data lalu lintas sebagai bahan evaluasi Departemen Perhubungan.

Bagi pemudik yang akan melalui jalur mudik ke arah Cirebon atau Jawa Tengah, PT Jasa Marga mempersiapkan tiga alternatif jalur, yaitu jalur pantura, jalur tengah, dan jalur selatan. Jalur utara yaitu melewati gerbang Tol Pamanukan dan berakhir di gerbang Tol Jatibarang. Jalur tengah yaitu melewati gerbang Tol Sadang dan berakhir di Kadipaten. Sementara jalur selatan melewati gerbang Tol Padalarang dan berakhir di Sumedang.

"Akses informasi yang bisa dimanfaatkan di antaranya radio siaran niaga, spanduk, atau peta resmi. Informasi juga bisa diperoleh melalui telepon Jasa Marga Traffic Information Center (JMTIC) dengan nomor 021-80880123," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com