Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Tetap Bisa Internetan, Inilah Caranya!

Kompas.com - 01/08/2012, 19:57 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Pemudik yang melintas jalur mudik di Jawa Timur dijamin tetap mendapatkan akses komunikasi internet dengan nyaman, karena akan disediakan 148 titik akses point wifi kecepatan tinggi di 39 lokasi sepanjang jalur Pantura, Selatan, maupun di jalur tapal kuda.

Menurut General Manager Network Service Telkomflexi area Jatim, Bali, Nusra, Ketut Budi Utama, di jalur Pantura jaringan tersebut terdapat wifi mulai Kabupaten Tuban. Sedangkan di jalur selatan wifi dipasang mulai Kabupaten Ngawi, dan jalur tapal kuda mulai Surabaya hingga Ketapang, Banyuwangi, termasuk di posko bandara dan terminal.

''Penyiapan akses data wifi di jalur mudik rampung sejak H-10 lebaran,'' katanya, Rabu (1/8/2012).

Akses internet wifi itu, kata Ketut, dapat dilakukan secara single sign on bagi pengguna akses internet milik Telkom seperti Speedy, Telkomsel Flash, dan Flexi Mobile Broadband.

''Saat berada di jaringan Wifi Flexi Mobile Broadband, pelanggan bisa berselancar dengan akun username dan password Telkomsel Flash, Flexi Mobile Broadband, atau Speedy,'' terangnya.

Pihaknya atas nama Telkom Grup saling melengkapi dalam melayani pemudik kali ini. Jika di suatu tempat tidak terdapat sinyal 3G, maka pelanggan masih bisa mengakses internet lewat wifi dengan kecepatan 3Mbps.

Di sisi lain, Telkom juga melakukan rekonfigurasi routing SMS, sehingga meningkatkan kualitas SMS antar sesama pengguna produk Telkom maupun ke operator lain, serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 1,2 GB untuk mengantisipasi meningkatnya pengguna data broadband di Jatim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com