Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Unit Bus Siap Angkut Pemudik Motor

Kompas.com - 31/07/2012, 21:11 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Metro Jaya bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyiapkan 14 unit bus yang ditujukan untuk mengangkut para pemudik motor sampai ke kampung halamannya. Bus-bus itu disiapkan untuk mengatasi kelebihan daya angkut yang biasa terjadi pada pemudik sepeda motor.

"Kami siapkan 14 unit bus untuk menampung para pemudik motor. Jadi nanti para pemudik motor kami imbau untuk naik bus ini saja bagi ibu dan anak, sementara suaminya bisa lanjut pakai sepeda motor," ungkap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas, Selasa (31/7/2012), di Mapolda Metro Jaya.

Menurut Sigit, mudik dengan menggunakan sepeda motor sangat tidak disarankan karena sepeda motor tidak ditujukan untuk perjalanan jarak jauh. Tingkat kecelakaan bagi pemudik motor pun dinilai lebih tinggi daripada pemudik yang menggunakan moda transportasi lain.

Pada tahun 2011, kecelakaan pemudik sepeda motor menempati peringkat teratas dengan 239 kejadian. Untuk tahun 2012, Sigit memperkirakan akan ada peningkatan pemudik sepeda motor sebanyak 10 persen. Oleh karena itu, untuk menekan angka kecelakaan, pihaknya menyediakan bus sebagai moda alternatif pemudik bus.

Sebanyak 14 unit bus itu akan disiagakan di dua pintu check point yang disediakan kepolisian di Citra Raya, Tangerang dan Kedung Waringin, Bekasi. Bus-bus tersebut sebagian besar akan melayani rute mudik di Pulau Jawa. "Bus-bus itu akan stand by saat pelaksanaan H-7 sampai H+9," imbuh Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com