Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasabah Bakrie Life Minta THR

Kompas.com - 25/07/2012, 13:50 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Nasabah produk asuransi jiwa Bakrie Life Diamond Investa meminta uang tunjangan hari raya (THR) kepada manajemen Bakrie Life. Alasannya, hingga saat ini dana nasabah produk investasi tersebut belum dikembalikan sepenuhnya.

Freddy Kushariono, perwakilan nasabah Bakrie Life Bandung, menjelaskan bahwa selama ini jajaran manajemen Bakrie Life memang gampang untuk diajak diskusi tentang penyelesaian dana nasabah. Namun, soal pembayarannya nihil. "Manajemen hanya bisa bicara saja, tidak segera memberikan pembayaran secepatnya, dengan alasan tidak ada duit," kata Freddy saat ditemui media di kantor Bapepam-LK Jakarta, Rabu (25/7/2012).

Berhubung saat ini sedang Ramadhan dan dekat dengan hari raya Idul Fitri, maka nasabah menginginkan ada sedikit dana THR. Freddy menginginkan agar manajemen bisa segera bertindak, meski dalam kondisi tidak ada likuiditas sehingga dana nasabah tidak seakan terkatung-katung di perusahaan. "Pada rapat tadi, kami ingin manajemen memberikan THR, tidak tahu nilainya. Kami ingin yang konkret-konkret saja," tambahnya.

Sebenarnya, manajemen juga berjanji akan memberikan kepastian pengembalian dana investasi pada Oktober 2012 nanti, meski jaminan tersebut bukan berarti pembayaran secara tunai. "Jika sampai akhir tahun nanti dana kami tidak kembali, kami akan mengadu lagi ke DPR, Menteri Keuangan, dan Sekretaris Negara," katanya.

Kebetulan Freddy memiliki dana sekitar Rp 1 miliar di produk investasi Bakrie Life. Selama tiga tahun penyelesaian dana nasabah ini, uangnya baru kembali 15 persen.

Sekadar catatan, sekitar 250 nasabah menanamkan dana di Diamond Investa, produk Bakrie Life. Ketika terjadi krisis ekonomi global pada 2008, Bakrie Life mengalami kasus gagal bayar. Total kerugian sebesar Rp 360 miliar.

Bakrie Life meneken perjanjian SKB dengan nasabah Diamond Investa dan Bapepam tentang skema pembayaran utang produk asuransi berbasis investasi itu. Sesuai perjanjian, skema pembayarannya berupa pengembalian dana pokok sebesar 25 persen pada 2010, 25 persen pada 2011, dan sisanya 50 persen dilunasi pada 2012.

Sebanyak 25 persen dana pokok pada 2010 dibayar empat kali setiap akhir triwulan. Demikian juga pada 2011. Sisanya 50 persen dibayar langsung pada Januari 2012.

Hingga kini, Bakrie Life baru membayar dana pokok sebesar 16 persen. Sisa cicilan pokok dan bunga Diamond Investa yang belum dibayar, yaitu per September 2010 sampai dengan Januari 2012. Sesuai SKB, pembayaran utang dan cicilan bunganya harus dilunasi selambatnya pada 31 Januari 2012. Hingga kini, janji itu tidak ditepati Bakrie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com