Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Pulogadung, Jokowi Kalah dari Golput

Kompas.com - 16/07/2012, 16:25 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penghitungan surat suara di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, telah selesai dilaksanakan. Hasilnya, dari tujuh kelurahan yang ada, angka golput memiliki persentase paling tinggi ketimbang pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Mulyandi SH, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengungkapkan, tujuh kelurahan yang berada di Kecamatan Pulogadung adalah Pulogadung, Pisangan Timur, Jatinegara Kaum, Cipinang, Rawamangun, Kayu Putih, Jati.

"Foke-Nara 43.010, Hendardji-Riza 2.089, Jokowi-Ahok 55.118, Hidayat-Didik 16.036, Faisal-Biem 7.942, Alex-Nono 5.373. Suara yang tidak sah 2.128, tapi golputnya 78.778," ujarnya saat ditemui di Kantor Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (16/7/2012).

Angka tersebut didapat dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 210.559 dan 452 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dari jumlah tersebut, surat suara yang sah sebanyak 129.568. Proses penghitungan pun disaksikan oleh saksi dari enam pasangan cagub-cawagub.

Mulyadi mengungkapkan, angka golput yang terjadi di pesta demokrasi lima tahunan warga Jakarta tahun ini, memiliki persentasi signifikan dari Pilkada dan Pilpres sebelumnya. "Naik sekitar 2 persen," lanjutnya.

Selanjutnya, setelah selesai melakukan penghitungan, surat suara akan dikirim ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Timur Rencananya, besok (17/7/2012), seluruh jajaran akan melakukan rapat pleno penghitungan suara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com