Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faisal Basri: Warga DKI, Tolak Serangan Fajar!

Kompas.com - 10/07/2012, 11:35 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan calon gubernur DKI Jakarta jalur independen, Faisal Basri Batubara, mengimbau warga Jakarta untuk menolak segala bentuk pemberian dari pasangan cagub-cawagub menjelang pencoblosan atau yang biasa disebut, "serangan fajar". Ia mengatakan, warga Jakarta harus cerdas dalam memilih pemimpin Jakarta, bukan karena hadiah.

"Gunakan hati bersih dalam memilih. Jangan tergiur sesuatu hadiah yang sudah dan akan diberikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Masyarakat harus aktif menjaga kualitas pemilu agar terwujud demokrasi yang sehat," kata Faisal melalui siaran persnya, Selasa (10/7/2012).

Pria yang berpasangan dengan tokoh Betawi, Biem Benjamin, dan bernomor urut lima itu mengetahui bahwa pilkada tahun ini memiliki ancaman besar terjadinya politik uang. Oleh sebab itu, ia mengimbau seluruh warga Jakarta, khususnya pendukungnya, agar menjadi warga yang memiliki martabat.

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik Universitas Gadjah Mada, Arie Sudjito, mengatakan, pemilih harus solid dan menjadi pengawas aktif. Pemilih harus menjadi garda depan untuk melaporkan melalui jaringan yang dimiliki apabila mendapati kecurangan. "Jangan takut represi. Hukum harus ditegakkan agar warga berdaulat. Harus secepatnya diangkat ke publik (jika ditemui pelanggaran)," ujarnya.

Arie menyarankan agar tim sukses pasangan dengan tagline "Berdaya Bareng-bareng" tersebut menggandeng media dengan menyiarkan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi. Hal tersebut sekaligus menjadi langkah perlawanan bagi kelompok yang memanipulasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com