Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pra Sail Morotai Mulai Digelar

Kompas.com - 21/06/2012, 09:07 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Perhelatan Sail Morotai akan digelar sekitar tiga bulan ke depan. Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai mulai melakukan rangkaian acara kegiatan Sail Morotai dengan sejumlah kegiatan. Salah satunya kegiatan pasar malam yang dibuka Bupati Pulau Morotai, Rusli Sibua, Rabu malam (20/6/2012).

Kegiatan pasar malam direncanakan dihelat hingga September mendatang, tepatnya puncak kegiatan Sail Morotai. Kegiatan ini dikemas dalam rangkaian kegiatan pra Sail Morotai. "Ini merupakan rangkaian kegiatan pra Sail Morotai. Artinya, malam ini (tadi malam) rangkaian kegiatan Sail Morotai sudah dimulai," jelas Rusli Sibua dalam sambutaanya saat membuka kegiatan tersebut.

Rusli menambahkan, rangkaian kegiatan pra Sail Morotai juga berupa kegiatan upacara 17 Agustus 2012 di pulau terluar. Menurut rencana, upacara 17 Agustus 2012 digelar di Tanjung Sopi, daerah paling luar Indonesia. "Nanti ada juga upacara 17 Agustus di Tanjung Sopi. Karena itu sudah jadi agenda nasional," tambah Rusli.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pulau Morotai, Samsudin Kadir menjelaskan, kegiatan pasar malam yang mengambil lokasi di areal Pelabuhan Imam Lastori Daruba itu menampilkan beragam rangkaian acara. Di antaranya pemilihan putri pariwisata, Morotai Idol, Festival budaya, festival ela-ela dan gendang sahur, pameran budaya, dan termasuk wisata kuliner. Ada juga pameran kerajinan tangan di sana.

Dalam pembukaan tadi malam, beragam tari-tarian daerah ditampilkan sebagai seremoni pembukaannya. Tari-tarian daerah itu seperti Cakalele, Soya-soya, Tide-tide, Tukuela dan masih banyak lagi. "Rangkaian kegiatan ini akan digelar hingga waktu pelaksanaan Sail Morotai pada September mendatang," kata Samsudin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com