Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BIN Akan Telusuri Pendanaan OPM

Kompas.com - 11/06/2012, 18:22 WIB
Aditya Revianur

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman akan bekerja maksimal menelusuri aliran pendanaan Organisasi Papua Merdeka (OPM). Selama ini aliran pendanaan aktivitas OPM di Papua belum terlacak.

"Pasti ada funding OPM tapi dari mana kami belum tahu. Tapi tentu, jika ada keterlibatan asing dalam pendanaan OPM akan kami lacak," ujar Marciano Norman, Kepala BIN, di Gedung Komisi 1 DPR, Jakarta, Senin (11/6/2012).

Marciano juga menjelaskan jika selama ini belum ada indikasi keterlibatan asing. OPM tegasnya hanya menarik perhatian asing tapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa OPM berjuang di dalam dan luar negeri.

Mengenai aliran senjata yang didapatkan OPM dalam mendukung aksi kekerasan. Marciano menarik kesimpulan jika senjata OPM diperoleh dari rampasan dari TNI/POLRI.

"Senjata OPM dari TNI/POLRI yang didapat dari aksi merampas," tambah Marciano.

Lebih jauh Marciano menjelaskan bahwa aksi kekerasan berupa penembakan misterius didalangi oleh OPM dan front politik kelompok bersenjata di dalam kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com