Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Koperasi Langit Biru Dulunya Tukang Krupuk

Kompas.com - 06/06/2012, 17:59 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaya Komara, pemilik Koperasi Langit Biru (KLB), hingga kini belum ditemukan. Ratusan investor KLB pun mencari-cari Jaya yang dianggap membawa kabur triliunan rupiah dana investasi anggota KLB.

Semenjak didirikan pada Januari 2011, KLB berhasil menghimpun 125.000 anggota dengan total dana investasi mencapai Rp 6 triliun. Anggota KLB diiming-imingi mendapatkan keuntungan 30-40 persen jika berinvestasi.

Namun, kucuran bonus akhirnya macet pada bulan Januari 2012. Dari hasil penelusuran, polisi mengetahui bahwa selama ini seluruh dana investasi yang disetor ke KLB disimpan oleh Jaya Komara di sebuah brankas di rumahnya.

Saat digerebek, rumah Jaya sudah kosong tanpa penghuni. Isi brankas pun raib entah ke mana. Polisi sedang menghimpun sejumlah informasi tentang Jaya untuk mencari jejaknya. Dari saksi seorang sekuriti ternyata diketahui bahwa Jaya adalah seorang pedagang krupuk dan tukang daging.

"Dari sekuriti yang sudah lama tinggal di Cikasungka, pak Jaya Komara dulu bekerja sebagai penjual dan pembuat krupuk yang dijual di kereta," ujar Kasat Reskrim Polres Tangerang Kabupaten, Komisaris Shinto Silitonga, Rabu (6/6/2012), di Mapolda Metro Jaya.

Shinto melanjutkan, usai menjadi penjual krupuk, Jaya kemudian bekerja sebagai pengantar daging. "Bagaimana dia bisa buat investasi sebesar ini, kami belum bisa dapat sumber primer untuk menggalinya," tandas Shinto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com