Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Sumsel Protes Kekerasan terhadap Wartawan

Kompas.com - 30/05/2012, 16:37 WIB
Irene Sarwindaningrum

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com — Wartawan Sumatera Selatan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Jurnalis Sumatera Selatan menyatakan protes terhadap kekerasan yang diduga dilakukan sejumlah anggota Marinir terhadap beberapa wartawan di Padang, Sumatera Barat. Mereka menuntut pelaku kekerasan diusut dan diproses secara hukum.

Koordinator Forum Komunikasi Jurnalis Sumatera Selatan  (FKJS) Retno Palupi mengatakan, FKJS akan mengajukan surat protes kepada Pangkalan TNI Angkatan Laut di Palembang, Sumsel, pada Kamis (31/5/2012) agar pelaku kekerasan yang diduga anggota Marinir itu segera diungkap.

"Kami meminta para pelaku ditindak dari dua jalur, yaitu UU Pers dan hukum pidana, karena keduanya sudah dilanggar," kata Retno, Rabu, di Palembang.

FKJS menggelar pertemuan di Palembang menyusul kekerasan yang menimpa sejumlah wartawan saat meliput penertiban warung remang-remang di Padang, Selasa lalu.

FKJS akan menggalang aksi protes di Bundaran Air Mancur Palembang, besok. Aksi yang rencananya diikuti puluhan wartawan dari sejumlah media di Palembang itu merupakan pernyataan sikap agar kekerasan terhadap wartawan dihentikan.

"Kekerasan terhadap wartawan harus dihentikan, baik yang berbentuk intimidasi maupun kekerasan fisik," kata Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Sumsel Purwantoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com