Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Usir Diplomat Suriah

Kompas.com - 29/05/2012, 16:05 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

CANBERRA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr mengumumkan bahwa Australia telah mengusir dua diplomat Suriah dari negeri itu.

Keputusan ini diambil menyusul tewasnya lebih dari 100 warga Suriah—belasan di antaranya anak-anak—di Houla. "Ini adalah cara yang paling efektif mengirimkan pesan kecaman terhadap Pemerintah Suriah," kata Carr dalam jumpa pers, Selasa (29/5/2012) sore, seperti dilaporkan ABC.

Dia mengatakan, dua diplomat, termasuk kuasa usaha Suriah, Jawdat Ali, harus meninggalkan Australia dalam masa 24 jam. Menlu Carr juga menyerukan penghentian kegiatan militer di kawasan berpenduduk di Suriah dan perundingan di antara kelompok-kelompok yang menentang rezim Bashar al-Assad.

Australia memperkirakan negara lain di seluruh dunia juga akan mengikuti jejak Australia dengan mengusir para diplomat Suriah. Kemarin, Inggris telah memanggil Duta Besar Suriah di London guna memprotes tindak kekerasan di Houla, yang digambarkan sebagai kejahatan biadab.

Australia, Uni Eropa, dan Amerika Serikat sudah menerapkan sanksi terhadap Suriah. Australia membatasi perjalanan dan kegiatan keuangan terhadap 106 individu dan 28 entitas serta menerapkan embargo senjata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com