Kalapas: Corby Berhak Ajukan Pembebasan Bersyarat

Kompas.com - 25/05/2012, 22:11 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com - Seperti narapidana lokal, narapidana asing juga memiliki hak untuk memperoleh pembebasan bersyarat (PB), tak terkecuali Schapelle Leight Corby. Usai mendapat grasi dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Corby melalui kuasa hukumnya kini mengincar celah PB untuk segera menghirup udara kebebasan.

"Semua warga binaan berhak mendapat PB ketika dia memenuhi persyaratan-persyaratan, baik warga kita maupun asing," ujar Kalapas Kerobokan, I Gusti Ngurah Wiratna saat konferensi pers di halaman Lapas Kerobokan Denpasar, Jumat (25/5/2012) malam.

Salah satu syarat administratif utama untuk memperoleh PB adalah narapidana telah menjalani 2/3 masa tahanan. Sesuai perhitungan dari Lapas Kerobokan, Corby telah menjalani 10 tahun 4 bulan 17 hari dari 15 tahun masa hukuman, setelah dipotong grasi 5 tahun.

Dari perhitungan tersebut Corby telah menjalani lebih dari 2/3 masa tahanan. Namun ini saja tidak cukup, karena masih ada syarat-syarat lain, baik administratif maupun substantif. "Syarat substantif seperti kegiatan ketrampilan, pembinaan-pembinaan dan banyak unsur serta variabel yang akan dihitung," jelas Wiratna.

Kalapas beserta jajarannya kini mulai mengumpulkan data-data track record Corby selama 8 tahun menjalani masa hukumannya di LP Kerobokan. Jika pihak Lapas menilai syarat-syarat PB telah terpenuhi akan diperiksa kembali oleh Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Bali sebelum diserahkan ke pusat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.