Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Panas di Kalsel Makin Merata

Kompas.com - 23/05/2012, 23:04 WIB
Defri Werdiono

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com- Titik panas atau hot spot yang terdeteksi di Kalimantan Selatan makin merata. Data yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel hingga 21 Mei 2012 tercatat ada 49 buah titik panas yang tersebar di 10 kabupaten.

Kepala Subbidang Kesiapsiagaan BPBD Kalsel Zahlul Syah, Rabu (23/5/2012), di Banjarmasin, mengatakan, penyebaran titik panas terbanyak ada di Kabupaten Kotabaru sebanyak 10 titik, disusul Tanah Bumbu dan Banjar masing-masing 9 buah. Selanjutnya Tanah Laut 7, Hulu Sungai Utara 5 , Tabalong 3, Balangan 2, dan masing-masing 1 titik di Hulu Sungai Selatan, Tapin, dan Hulu Sungai Tengah.

"Penyebarannya makin merata. Sebulan lalu masih beberapa daerah yang terdeteksi," ujar Zahlul sembari minta agar masyarakat mewaspadai cuaca panas yang kian terik.

Dari data titik panas yang ada saat ini, sebanyak 25 titik atau 51,02 persen ada di dalam kawasan hutan. Sejauh ini, t itik panas itu sendiri belum ada yang berubah menjadi kebakaran lahan dalam skala masif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com