Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Kooperatif, Harga Minyak Mentah Melemah

Kompas.com - 23/05/2012, 07:51 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah turun menyusul diperbolehkannya inspektur nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk masuk ke Iran. Hal itu lantas mengikis kekhawatiran suplai minyak dari Timur Tengah bakal terganggu karena masalah proyek nuklir Iran.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengantaran Juni merosot 91 sen menjadi 91,66 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange, Selasa (22/5/2012) waktu setempat. Sedangkan minyak Brent untuk penetapan Juli turun 40 sen, atau 0,4 persen, menjadi 108,41 dollar AS per barrel di ICE Futures Europe exchange, London.

Turunnya harga minyak mentah menyusul pengumuman Sekjen International Atomic Energy Agency PBB, Yukiya Amano, di Vienna, Selasa waktu setempat, mengenai perjanjian dengan Iran terkait inpeksi lembaga tersebut atas proyek nuklirnya. "Perjanjian Iran tentu sebuah langkah yang positif dan tampaknya akan menghasilkan relaksasi lanjutan bagi ketakutan Iran yang besar," sebut Kyle Cooper, Direktur Penelitian Komoditas IAF Advisors, di Houston.

Sementara itu, kondisi harga minyak juga dipengaruhi oleh kondisi Eropa. Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) menyebutkan, krisis utang Eropa terus berlanjut dan mengancam ekonomi dunia. "Eropa masih menjadi sebuah kekhawatiran besar," tambah Kyle.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com