Abraham: Jangan Khawatir Menguap

Kompas.com - 21/05/2012, 04:47 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Meskipun penyelidikan kasus dana talangan Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun belum diselesaikan, rakyat jangan khawatir kasus tersebut akan menguap. Kasus Century bakal dituntaskan setelah Komisi Pemberantasan Korupsi menyelesaikan kasus cek perjalanan dan proyek Hambalang.

Komitmen itu disampaikan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad, Minggu (20/5) di Jakarta.

Sebelumnya, beberapa anggota Komisi III DPR mempersoalkan penyelidikan kasus Bank Century yang hingga kini tidak ada kemajuannya. Padahal, pimpinan KPK berjanji bakal meningkatkannya dalam waktu 100 hari setelah pimpinan KPK terpilih akhir tahun lalu.

”Rakyat jangan khawatir KPK akan membiarkan kasus tersebut berlalu. KPK, di bawah pimpinan saya, sudah bertekad menyelesaikan dan menuntaskan kasus Bank Century agar tidak menjadi beban masa depan,” tandas Abraham.

Saat ini, ujar Abraham, KPK tengah menuntaskan kasus cek perjalanan. Selanjutnya adalah proyek Hambalang. ”Baru kasus KPK akan kami tuntaskan sesegera mungkin tahun ini. Tidak ada kekuatan-kekuatan lain yang bisa menghentikan KPK untuk menuntaskannya,” tambahnya.

Tentang janji 100 hari untuk meningkatkannya dari penyelidikan ke tahap penyidikan, Abraham mengatakan, janji tersebut bukan hanya kepada DPR, melainkan juga masyarakat yang menunggu penuntasan kasus Bank Century.

”Kami ini anak-anak muda yang tengah mendapat amanat memimpin KPK. Tidak mungkin kami mundur karena tidak berani menuntaskan kasus Bank Century. Kami harus tercatat sebagai anak-anak muda yang pantang mundur melawan korupsi,” lanjut Abraham lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kekuatan tak terlihat

Anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, mengaku prihatin karena penyelidikan kasus Bank Century hingga kini stagnan di tangan KPK. ”Stagnasi proses hukum megaskandal Bank Century bukan disebabkan oleh bukti-bukti permulaan yang sudah berantakan, melainkan hambatan yang justru muncul dari kekuatan kekuasaan yang tidak terlihat mencampuri kasus tersebut. Inilah yang saya duga membuat KPK berpikir dua kali untuk menuntaskan kasusnya,” katanya.

Menurut anggota Fraksi Partai Golkar itu, penyelidikan Bank Century mau tidak mau bakal langsung ke jantung kekuasaan di negeri ini sehingga penyelidik KPK tak berani mengusiknya.

Hal senada dilontarkan anggota Fraksi Partai Hanura, Akbar Faisal. ”Sudah lewat 100 hari dari janji pimpinan KPK, hingga kini juga belum ada kemajuan berarti,” kata Akbar. Ia khawatir ada intervensi pihak-pihak tertentu di balik KPK sehingga kasus ini tidak ada kemajuannya. (HAR)

Rakyat jangan khawatir KPK akan membiarkan kasus tersebut berlalu.Abraham Samad

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.