Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Api Terbanyak Muncul di Kalimantan Barat

Kompas.com - 20/05/2012, 18:41 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com -  Kawasan hutan di Kalimantan Barat masih rawan terhadap kebakaran. Pasalnya, titik panas terbanyak di Indonesia terdeteksi ada di Kalbar.

Forest Fire Coordinator World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia Dedi Hariri, Minggu (20/5/2012), di Pontianak mengatakan, Juni 2012 ini wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau sehingga perlu antisipasi.

Antisipasi kebakaran hutan, salah satunya dilakukan dengan meningkatkan kemampuan para anggota Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA). "Saat ini sudah ada tiga MPA yang didampingi oleh Manggala Agni Daerah Operasi Putussibau, dan empat MPA oleh WWF-Indonesia. MPA merupakan kelompok masyarakat yang tinggal di dalam kawasan konservasi, terutama di daerah yang rawan kebakaran," kata Dedi.

Data Kementerian Kehutanan menunjukkan, selama tahun 2007 hingga 2011, jumlah titik panas yang terdeteksi di Kalbar mencapai 1.000 hingga 10.000 buah. Banyaknya jumlah titik panas yang terdeteksi itu berbanding lurus dengan potensi kebakaran hutan saaat musim kemarau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com