Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infrastruktur TN Komodo Diperbaiki

Kompas.com - 18/05/2012, 03:14 WIB

Jakarta, Kompas - Infrastruktur di sekitar Taman Nasional Komodo akan segera diperbaiki setelah taman nasional ini ditetapkan sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Alam Baru (New 7 Wonders of Nature). Penetapan ini diumumkan oleh New 7 Wonders Foundation.

Presiden New 7 Wonders Foundation Bernard Weber dalam rilisnya menyatakan, bangsa Indonesia telah mengapresiasikan kebanggaannya pada warisan dunia dengan mengirimkan suara melalui pesan singkat yang sangat besar.

Duta Besar Komodo dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Komodo Kita Jusuf Kalla menyatakan rasa terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah mengirim pesan singkat hingga lebih dari 200 juta untuk dukungannya pada Taman Nasional (TN) Komodo.

”Langkah masyarakat ini sangat pantas diapresiasi karena telah mempersatukan bangsa Indonesia yang mencoba berbuat untuk kemasyhuran bangsa di mata dunia,” kata Kalla dalam jumpa pers, Rabu (16/5).

Setelah terpilih, lanjut Kalla, langkah terpenting selanjutnya adalah memperbaiki infrastruktur di sekitar kawasan TN Komodo. Langkah ini untuk melestarikan sekitar 2.500 komodo yang habitatnya tersebar di beberapa pulau di TN Komodo, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Untuk itu, ujar Kalla, fasilitas bandar udara untuk menuju TN Komodo harus segera diperbaiki. Selain itu, fasilitas penginapan juga akan dibangun di luar Pulau Komodo agar kelestarian Pulau Komodo tetap terjaga.

Yayasan Komodo, lanjut Kalla, akan menyelenggarakan kursus bahasa Inggris secara besar-besaran bagi masyarakat sekitar. Selain itu, juga pelatihan pemandu wisata untuk menunjang pariwisata dan kesejahteraan masyarakat di sekitar TN Komodo.(THY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com