Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terekam CCTV, Pelukis Pencuri Dompet Dibekuk

Kompas.com - 17/05/2012, 15:51 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Terdesak kondisi ekonomi membuat siapa saja dan dari kalangan mana saja untuk berbuat nekad, tidak terkecuali oleh seorang seniman sekalipun. Di Surabaya, seorang seniman lukis nekat mencuri dompet di salah satu toko. Polisi membekuk pelukis tersebut setelah pemilik toko memberikan rekaman CCTV yang merekam aksinya.

Perbuatan melanggar hukum itu dilakukan DWP, warga Klakahrejo Surabaya lantaran order membuat lukisan beberapa waktu terakhir ini sepi. Pria berusia 24 Tahun ini ditangkap lantaran dilaporkan oleh seorang perempuan bernama Natasha (22), yang merasa sangat yakin dompet miliknya dicuri tersangka berdasarkan hasil rekaman CCTV yang dipasang di Ruko milik korban.

"Wajah pelaku terlihat sangat jelas saat korban menunjukkan hasil rekaman CCTV kepada kami," kata Kanitrekrim Polsek Lakarsantri Surabaya, AKP Agung Widoyoko dikonfirmasi, Kamis (17/5/2012).

Tanpa kesulitan, polisi pun langsung memburu pelaku dan menangkap tersangka di kediamannya. Apalagi, selama ini korban dan pelaku memang sudah kenal. Selain menangkap tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang buti berupa satu unit ponsel dan dompet warna hitam yang berisi sejumlah uang dan ATM milik korban.

Kepada polisi, tersangka mengaku nekat mencuri karena terdesak kebutuhan untuk membayar uang sewa stand lukisan di salah satu Mall di Surabaya. "Saat kondisi sedang sulit, ia melihat tas kecil yang diletakkan di toko Natasha. Tanpa pikir panjang, DWP pun langsung menyambar tas tersebut," tambah Agung.

Tersangka beserta barang bukti ditahan di Mapolsek Lakarsantri Surabaya dan terancam hukuman lima tahun penjara sesuai yang diatur dalam pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com