Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masakan Indonesia

Kompas.com - 14/05/2012, 02:08 WIB

Perjalanan ke luar negeri bagi mantan Presiden Megawati Soekarnoputri (65) adalah hal biasa. Namun, masih saja makanan acap kali menjadi persoalan baginya. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini selalu merindukan masakan Indonesia.

”Kalau di luar negeri, saya selalu mencari masakan Indonesia. Kalau dengan Bapak (Taufiq Kiemas, suaminya) harus ada nasi,” papar Megawati di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat (11/5). Megawati beserta rombongan transit di Dubai dalam perjalanan ke Austria untuk menghadiri seminar internasional perempuan dan politik.

Dalam sejumlah perjalanan ke luar negeri, Megawati mengaku sering kali mendapat ”keberuntungan” karena bertemu orang Indonesia yang menjadi chef (juru masak) di hotel. Bahkan, di Burj Al Arab, hotel bintang tujuh di Dubai, beberapa tahun lalu, ada sejumlah juru masak asal Indonesia.

”Jadi, saya selalu meminta dimasakkan makanan Indonesia. Banyak juru masak asal Indonesia di sejumlah negara sehingga saya masih bisa menemukan masakan Indonesia,” ujar Megawati yang mengaku tak jarang membawa sambal jika ke luar negeri. (tra)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com