Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan BlackBerry 10, RIM Tunjuk Dua Pejabat Baru

Kompas.com - 09/05/2012, 12:51 WIB

KOMPAS.com - Research In Motion (RIM) menunjuk dua pejabat baru yang akan menduduki posisi Chief Marketing Officer (CMO) dan Chief Operating Officer (COO). Dua pejabat ini ditunjuk untuk mempersiapkan peluncuran BlackBerry 10, yang diharapkan dapat menaikkan saham global BlackBerry di pasar smartphone.

COO baru RIM berma Kristian Tear. Sebelum bergabung dengan RIM, Tear menjabat sebagai Vice President pada Sony Mobile Communications, juga sebagai Corporate Vice President Sony Ericsson untuk Eropa Barat.

Tear akan bertugas mengawasi semua fungsi operasional untuk handhelds dan layanan, termasuk penelitian dan pengembangan produk, penjualan global, manufaktur, dan rantai pasokan.

Sedangkan CMO baru RIM adalah Frank Boulben. Ia merupakan Executive Vice President of Strategy, Marketing, and Sales untuk LightSquared. Dalam tugas barunya di RIM, Boulben akan mengurusi global marketing RIM, pekerjaan yang merupakan prioritas utama bagi CEO RIM, Thorsten Heins.

"Kami harus lebih fokus bergerak di bidang marketing, dan berorientasi kepada konsumen, karena di situlah pertumbuhan kami berasal," ujar Heins dalam sebuah  pernyataan.

Analis menilai, penunjukan Tear dan Boulben adalah keputusan terbesar Heins untuk menjaga market share BlackBerry yang terus menurun.

"BlackBerry telah kehilangan momen, sehingga pejabat baru bagian pemasaran harus bisa merekonstruksi atau mengasah pesan," ujar analis Jack Gold dari J. Gold Associates.

Analis independen Jeff Kagan mengatakan, eksekutif baru dan RIM harus melakukan 'update' terhadap teknologi dan memperbaiki brand RIM. Ini adalah tugas utama Boulben.

"Mereka harus melakukan ekspansi terhadap brand, seperti yang pernah dilakukan At&T ketika mengakuisisi SBC beberapa tahun lalu. Mereka sukses melakukan kebangkitan. Itulah tugas yang harus dilakukan Boulben sekarang," ujar Kagan.

BlackBerry 10 memang merupakan produk yang digadang RIM untuk menghentikan penurunan market share. Menurut IDC, pada kuartal pertama tahun 2012, market share RIM hanya 6,7 persen, turun dari 13, 6 persen pada kuartal pertama tahun 2011 lalu.

RIM belum mengumumkan kapan BlackBerry 10 akan diluncurkan secara resmi. Dalam event BlackBerry World, RIM hanya menunjukkan prototipe BlackBerry 10 Dev Alpha agar developer bisa mulai membangun aplikasi untuk platform tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com