Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Triwulan I, Ekonomi Indonesia Tumbuh 6,3 Persen

Kompas.com - 07/05/2012, 11:36 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik mencatat ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan 6,3 persen sepanjang triwulan I-2012. "Produk domestik bruto atau PDB Indonesia tumbuh sebesar 6,3 persen," sebut Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin, dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (7/5/2012).

Ia menjelaskan perekonomian Indonesia pada triwulan I tumbuh baik secara kuartal dan tahunan. Secara tahunan tumbuh 6,3 persen. Sedangkan dari triwulan IV 2011 tumbuh 1,4 persen. Bila dibandingkan pada triwulan I-2011 dari triwulan IV-2010 ekonomi tumbuh 1,58 persen. Keduanya tetap tumbuh sekalipun pada triwulan I-2012 terjadi sedikit perlambatan. "Tetapi 6,3 persen ini kan baru triwulan I. Triwulan II, III, IV bisa terjadi peningkatan tergantung peran setiap sektor meningkatkan nilai tambahnya," ucapnya.

"Pertumbuhan q to q (quartal to quartal) terjadi pada sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, tumbuh 20,9 persen," tambah dia.

Sedangkan sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi kedua adalah sektor keuangan, real estat dan jasa perusahaan sebanyak 2,3 persen. Menurut dia, pertumbuhan signifikan pada sektor pertanian berkaitan dengan berlangsungnya masa panen raya. Secara tahunan, sektor pengangkutan dan komunikasi tumbuh tertinggi dengan 10,3 persen, perdagangan hotel dan restoran naik 8,5 persen, dan sektor kontruksi naik 7,3 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com