Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo di TTU Ricuh, 7 Polisi Luka Parah

Kompas.com - 01/05/2012, 20:54 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Demonstrasi ribuan massa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Peduli Demokrasi (Garda) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) TTU, yang berlangsung sejak Selasa (1/5/2012) siang tadi berakhir bentrok sekitar pukul 17.30 Wita.

Tujuh orang polisi terluka parah akibat bentrokan tersebut.

Bentrokan terjadi karena dipicu oleh pemukulan terhadap salah seorang demonstran dari Garda yang bernama Wempi Pausobe yang dilakukan oleh seorang polisi, sehingga membuat massa secara spontan mengambil batu lalu dilempar ke polisi yang sementara melakukan pengamanan.

Karena tidak ada persiapan, tujuh orang polisi akhirnya terkena lemparan batu persis di kepala.

"Tujuh orang anggota kita terluka akibat lemparan batu dari massa Garda. Kita sementara ini masih mencari provokator yang memicu terjadinya bentrokan, dan untuk motif pelemparan kita masih selidiki," kata Kapolres TTU AKBP I Gede Mega Suparwitha, sore tadi.

Lanjut Mega, selain bentrokan tersebut, polisi juga sementara ini mengamankan 17 orang yang tertangkap karena merusak mobil` salah satu peserta demonstran.

Sebelumnya ribuan massa Garda melakukan unjuk rasa di Kantor KPUD TTU, yang menuntut agar KPUD mempertanggungjawabkan dana pemilukada 2010 lalu sebesar Rp 16 milyar karena ada indikasi korupsi. Selain itu mereka meminta agar KPUD membatalkan pemilukada 2010 karena cacat hukum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com