60.000 Buruh Bakal Ramaikan Ibu Kota

Kompas.com - 24/04/2012, 15:07 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk mengamankan kawasan Ibu Kota dan sekitarnya saat peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada 1 Mei mendatang, Polda Metro Jaya bakal menyiagakan sebanyak 16.167 personel. Pada hari itu diperkirakan sekitar 60.000 buruh bakal menggelar aksi unjuk rasa di sejumlah titik, seperti di depan Gedung MPR/DPR, di depan Gedung Istana Negara, dan Bundaran HI.

Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Komisaris Besar Agus Budi mengatakan, hingga saat ini belum ada dari massa buruh yang mengajukan izin menggelar aksi demonstrasi pada 1 Mei mendatang.

"Intinya, Polda Metro Jaya siap mengamankan jalannya aksi pada peringatan Hari Buruh Internasional. Dalam pelaksanaannya, tentu kami akan mendapatkan back up dari TNI dan Pemprov DKI Jakarta," ujar Agus Budi seusai mengikuti rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompida) di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (24/4/2012).

Dirinya memprediksi, titik utama yang akan menjadi konsentrasi massa adalah di Bundaran HI. Setelah itu, massa diperkirakan akan melakukan aksi longmarch ke Istana Negara dan kembali ke kawasan Gelora Bung Karno. "Titik akhir berada di Gelora Bung Karno karena rencananya akan ada hiburan di sana," ungkap Budi.

Agus juga memprediksi akan terjadi kepadatan arus lalu lintas karena sejumlah ruas jalan akan dipenuhi massa. Untuk itu, kata Agus, masyarakat diharapkan bisa mencari jalur alternatif agar tidak terjebak kemacetan. Terkait hal itu, pihaknya akan melakukan sosialisasi pengalihan arus. Namun, pengalihan arus ini bersifat situasional.

"Sepanjang jalan akan kami amankan. Terlebih di jalan yang berpotensi ada kemacetan. Secara teknis akan disosialisasikan ke masyarakat soal pengalihan arus. Paling tidak masyarakat sudah tahu lebih awal sehinga bisa mengambil jalan alternatif," katanya.

Agus mengimbau kepada massa buruh yang akan melakukan demonstrasi agar tertib dan tidak merusak fasilitas umum. Ia memperkirakan, izin unjuk rasa baru diterima oleh Polda Metro Jaya pada H-3 May Day.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Fadjar Panjaitan menambahkan, rapat koordinasi yang berlangsung hari ini sengaja digelar untuk mengantisipasi peringatan Hari Buruh Internasional di Jakarta.

Untuk membantu petugas kepolisian saat mengamankan peringatan Hari Buruh Internasional, ditambahkan Fadjar, pihaknya juga akan mengerahkan sebanyak 530 personel Satpol PP.

"Permintaan buruh, bisa dilakukan dalam forum melalui orasi. Kami berharap buruh yang ada di Jakarta seyogianya merayakan Hari Buruh ini dengan sukacita," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.