Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lumpa 465 Meter Pecahkan Rekor MURI

Kompas.com - 22/04/2012, 14:22 WIB
Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Semarang berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam pembuatan lumpia terpanjang pada Minggu (22/4/2012). Lumpia sepanjang 465 meter ini dibuat dalam rangka HUT ke-465 Kota Semarang.

Makanan khas Semarang ini dibuat oleh 465 chef dan calon chef dari hotel, resto dan catering di Kota Semarang dan sekitarnya. Pembuatan lumpia dilakukan di sepanjang Jalan Pemuda, tepatnya depan Balaikota Semarang.

Ketua panitia kegiatan ini, Timotius, mengatakan lumpia sepanjang itu dibuat sejak pukul 06.00 hingga selesai pukul 09.00 WIB. Pembuatan lumpia menghabiskan 15.000 lembar kulit lumpia yang didatangkan dari Solo dan Yogyakarta serta sekitar satu ton rebung sebagai isinya. Lima penggorengan besar disiapkan untuk pembuatan lumpia ini.

"Lumpia merupakan makanan khas Kota Semarang, sehingga dengan kegiatan ini diharapkan bisa lebih mengenalkan Semarang di kancah nasional ataupun internasional," ujarnya.

Lumpia ini kemudian dinikmati oleh masyarakat dengan melalui voucher yang disiapkan panitia. Satu lembar voucher bernilai Rp10.000. Hasil dari penjualan sepenuhnya akan disumbangkan.

Antuasiasme warga Semarang terlihat dari banyaknya orang yang memenuhi jalan tempat kegiatan ini digelar. Acara ini digelar bersamaan dengan kegiatan car free day yang diselenggarakan di kawasan itu setiap hari Minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com