Replika Wajah Kartini dari Batok Kelapa Raih Rekor MURI

Kompas.com - 21/04/2012, 15:28 WIB
Penulis Puji Utami
|
EditorJodhi Yudono

SEMARANG, KOMPAS.com--Lukisan bergambar Raden Ajeng Kartini berukuran 6x4 meter yang terbuat dari batok kelapa mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Sebanyak satu setengah kuintal batok kelapa dikreasikan menjadi replika wajah oleh sekitar 20 mahasiswa yang tergabung dalam Gugus Latih (Guslat) Racana Wijaya FMIPA Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Penghargaan diserahkan oleh Ariani Siregar sebagai perwakilan dari MURI di halaman Kampus Unnes, Sabtu (21/4/2012). Lukisan tersebut dibuat dalam rangka memperingati Hari Kartini. "Ini merupakan rekor ke 5388 yakni replika wajah batok kelapa terbesar," ungkap Ariani.

Ketua Guslat Racana Wijaya FMIPA Unnes Adhitya Candra mengatakan batok kelapa tersebut didapatkan dari sejumlah pasar yang ada di Kota Semarang. Mereka kemudian berhasil mengumpulkan sekitar lima karung batok kelapa secara cuma-cuma dari pedagang kelapa sejak beberapa hari lalu.

"Kami memilih batok kelapa karena selama ini dianggap tidak berguna, padahal memiliki nilai estetika yang bagus, sebab itu kami bertekad untuk membuat lukisan dari batok kelapa ini," ujarnya.

Pembuatan lukisan tersebut dilakukan sejak Sabtu (21/4/2012) dini hari pukul 00.00 dan selesai pada 08.00 WIB. Sejumlah kesulitan yang dihadapi ungkapnya yakni penempelan serpihan batok kelapa pada media papan dengan lem yang terkadang masih terlepas.

"Batok kelapa tersebut dipecah-pecah kemudian dirangkai dan menjadi replika wajah Raden Ajeng Kartini, dan pembuatan rekor MURI ini diharapkan bisa membangkitkan semangat kami sebagai pemuda Indonesia untuk bisa terus berkarya," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Guslat Racana Wijaya FMIPA Unnes juga pernah mendapatkan rekor MURI dalam bidang serupa 2007 lalu. Saat itu para mahasiswa tersebut membuat replika wajah RA Kartini dari kulit kerang dengan ukuran lebih kecil yakni 2x3 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.