Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Salatiga Latihan Hadapi Pendemo

Kompas.com - 15/03/2012, 13:46 WIB
Amanda Putri Nugrahanti

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com- Kepolsian Resor Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (15/3/2012), mengadakan latihan kontijensi dalam rangka menghadapi terjadinya kerusuhan massa. Hal itu sebagai langkah antisipasi terjadinya unjuk rasa oleh masyarakat menjelang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Kepala Polres Salatiga Ajun Komisaris Besar Asep Jenal Ahmadi, mengungkapkan, pihaknya mewaspadai segala kemungkinan yang terjadi. Kepolisian juga bekerja sama dengan TNI untuk pengamanan tersebut.

Dalam latihan itu dilakukan simulasi bagaimana warga yang berunjuk rasa semakin lama semakin banyak jumlahnya dan mulai menyerang aparat. Pengamanan pun semakin lama semakin berlapis, mulai dari jajaran polsek setempat, hingga pasukan brimob dari kepolisian daerah.

Simulasi juga sampai pada penyemprotan air dan penembakan gas air mata kepada para pengunjuk rasa yang semakin beringas. Pasukan khusus kerusuhan massa juga diturunkan ketika massa sudah tidak dapayt dikendalikan.

Simulasi itu berlangsung sekitar satu setengah jam, diikuti oleh ratusan petugas kepolisian dan TNI. Hadir dalam kegiatan itu Wali Kota Salatiga Yuliyanto dan Ketua DPRD Kota Salatiga Teddy Sulistyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com