Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengganti Tol yang Terendam Lumpur Diresmikan

Kompas.com - 15/03/2012, 11:07 WIB
Idha Saraswati W Sejati

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com  - Gubernur Jawa Timur Soekarwo meresmikan jalan Arteri Porong, Kamis (15/3). Jalan arteri ini dibangun untuk menggantikan ruas jalan tol Porong yang sampai sekarang masih terendam luapan lumpur ekplorasi gas PT Lapindo Brantas.

Jalan arteri Porong ini berawal dari ruas jalan di depan pintu tol Ketapang, Sidoarjo dan berakhir di Kejapanan, Pasuruan. Panjang ruas jalan arteri ini enam kilometer dengan lebar delapan meter. Arteri Porong dibangun dua jalur.

Soekarwo menuturkan, peresmian ruas arteri Porong perlu dipercepat karena sudah sangat mendesak. Selama ini, kerugian akibat minimnya infrastruktur jalan yang diperparah luapan lumpur Lapindi membuat perekonomian Jatim rugi Rp 33 Triliun setiap tahun.

Setelah diresmikan, berbahai jenis kendaraan melintasi jalan baru yang dicor beton itu. Arteri Porong ini diharapkan mengurasi kepadatan kendaraan yang selama ini menghambat perjalanan orang dan barang.

Bersamaan dengan peresmian itu, ratusan warga korban lumpur Lapindo kembali berunjuk rasa menuntut penuntasan ganti rugi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com