Transaksi IT Dhana Diperiksa Ahli

Kompas.com - 12/03/2012, 21:44 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Adi Toegarisman menyatakan hari ini, Senin (12/3/2012) tersangka kasus dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang, Dhana Widyatmika, dihadirkan dalam pemeriksaan oleh penyidik Tindak Pidana Khusus dalam rangka pemeriksaan transaksi IT yang dilakukannya. Ia diminta untuk memeriksa kembali komputernya yang disita penyidik.

Namun, hasil pemeriksaan transaksi IT Dhana ini tak dapat dipublikasikan. "Tersangka DW pd hari ini memang dihadapkan ke Gedung Bundar dalam rangka menyaksikan pemeriksaan komputer dia oleh ahli IT. Jadi ini pemeriksaan disaksikan oleh DW," jelas Adi.

Sementara itu, di waktu yang berbeda Direktur Penyidikan Kejaksaan Agung, Arnold Angkouw mengatakan selain mendatangkan Dhana dalam pemeriksaan transaksi tersebut, penyidik juga memeriksa kakak dari Herly Isdiharsono, rekan Dhana saat bekerja di Direktorat Jenderal Pajak. Namun, Arnold tak menjelaskan materi pemeriksaan apa yang dilakukan terhadap kakak Herly yang bersama Dhana juga berbisnis di show room mobilnya 88 Mobilindo yang terletak di sekitar Jl Dermaga, Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Tadi Mobilindo juga ada satu kakaknya Herly. Ini semua masih dalam pengembangan jadi tidak semua disampaikan," ujar Arnold.

Selain kakak Herly yang diduga mengetahui sepak terjang Dhana, penyidik juga memeriksa empat orang dari PT TRS dan PT RPU yang diduga perusahaan wajib pajak yang ditangani Dhana. Keempat orang tersebut berinisial IN, RG, HA, dan HD.

"Jadi tadi yang diperiksa itu yang PT TRS dan masih dikejar terus sampai besok. Tadi juga dari perusahaan yang PT RPU. Kita akan terus lacak aliran dananya," pungkas Arnold.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.