Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perampok Pegadaian Tanjung Barat Gasak Emas Senilai Rp 1 Miliar

Kompas.com - 09/03/2012, 18:01 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Komplotan perampok kantor Pegadaian yang terletak di seberang Stasiun Tanjung Barat, Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, ternyata berhasil membawa kabur perhiasan emas senilai Rp 1 miliar dan uang tunai senilai Rp 30 juta. Hingga kini, polisi masih memburu para pelaku itu.

"Para pelaku mengambil isi brankas, termasuk emas nilainya Rp 1 miliar. Kemudian uang tunai Rp 30 juta. Anggota masih di lapangan untuk memburu tersangka," ungkap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Jumat (9/3/2012), di Mapolda Metro Jaya.

Selain memburu pelaku, Rikwanto menuturkan, Polres Metro Jakarta Selatan juga masih mendalami keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian. Polisi juga masih menelusuri apakah pelaku terkait dengan komplotan perampok bersenjata api yang juga beraksi di empat toko emas Pasar Ciputat, Tangerang Selatan.

"Sekarang masih ditelusuri ini dari kelompok mana apakah ada di daftar residivis atau kelompok lainnya. Jadi tunggu waktu saja," ujar Rikwanto.

Aksi perampokan yang terjadi belakangan ini di Pasar Ciputat, Lenteng Agung, dan terakhir di Bekasi ini kian mengerikan. Pasalnya, pelaku juga menggunakan senjata api saat beraksi. Terkait hal ini, Rikwanto mengatakan, aparat kepolisian meminta para pelaku sentra ekonomi untuk meningkatkan kewaspadaannya.

"Sudah kami sampaikan sejak awal untuk sentra-sentra ekonomi agar siapkan CCTV dan satpam. Kami bantu patroli dan alarm," ujarnya.

Rikwanto menambahkan bahwa para pelaku biasanya tidak secara spontan melakukan aksinya. Tetapi, para perampok ini sudah mengamati kegiatan toko yang menjadi targetnya dan melihat kesempatan saat penjaga lengah.

"Kami meminta agar para pelaku ekonomi ini agar jangan lengah lagi," tandas Rikwanto.

Diberitakan sebelumnya, perampokan di kantor Pegadaian Jalan Raya Lenteng Agung, di depan Stasiun Tanjung Barat, terjadi pada Kamis (8/3/2012) pukul 11.10 WIB. Pelaku diperkirakan lebih dari empat orang dengan menggunakan senjata api.

Modus yang digunakan para pelaku ini adalah menodong kepala korban dengan senjata api. Para pelaku kemudian mengikat korban dengan tali, lalu menggasak barang-barang di dalam brankas. Setelah selesai merampok, pelaku kemudian meninggalkan Pegadaian dengan mengunci pintu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com