Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Elemen Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

Kompas.com - 07/03/2012, 12:00 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Kombinasi kenaikan harga BBM dan tarif dasar listrik dinilai akan kian memberatkan masyarakat dan menambah kemiskinan di perkotaan.

Demikian pernyataan sejumlah pengunjuk rasa dari Dewan Pimpinan Wilayah Serikat Rakyat Miskin Indonesia (DPW SRMI) dan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Lampung, Rabu (7/3/2012), di depan Kantor Pemkot Bandar Lampung.

"Rencana pemerintah menaikkan harga BBM dan TDL pada bulan April mendatang akan membuat masyarakat semakin terjerumus dalam kubah kemiskinan. Kebijakan tersebut menunjukkan pemerintahan SBY-Boediono tidak prorakyat kecil," tutur Fredi, salah seorang pengunjuk rasa.

Mereka pun mengutip data PBB yang menyebutkan bahwa Indonesia masuk dalam 36 negara penyumbang gizi terburuk di dunia. Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, dan Banten adalah daerah yang memiliki penderita gizi buruk terbanyak di Indonesia.

Kenaikan harga BBM dan TDL dikhawatirkan akan menambah kemiskinan, termasuk penderita gizi buruk. Untuk itu, mereka mendesak pemerintah membatalkan kenaikan harga BBM dan memperbesar anggaran untuk kesehatan ibu dan anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com