Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paling Lambat 13 Maret Hasil Verifikasi Diumumkan

Kompas.com - 02/03/2012, 14:48 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses verifikasi dukungan calon Gubernur DKI Jakarta dari jalur perseorangan masih dilakukan. Hasil terkait proses verifikasi ini paling lambat akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI pada tanggal 13 Maret nanti.

Anggota KPU Provinsi DKI, Jamaluddin Hasyim, mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan penghitungan hasil verifikasi yang sudah dilangsungkan sejak 13 Februari lalu. Jika tidak ada kendala, sebenarnya tanggal 12 Maret hasilnya sudah dapat diumumkan.

"Sebenarnya tanggal 12 Maret hasilnya sudah ada. Tapi untuk lebih akurat, paling lambat tanggal 13 Maret," kata Jamal ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (2/3/2012).

Dia mengatakan, data yang pasti terkait jumlah dukungan para calon independen ini hanya berasal dari KPU Provinsi DKI. Hal ini termasuk data jumlah dukungan yang berkurang saat dilakukan verifikasi.

"Data resmi nantinya dari kami. Dan sebelum tanggal 12 Maret, kami masih belum akan mengeluarkan data resmi tersebut," kata Jamal.

Untuk itu, dia meminta pada kedua pasangan calon independen, yakni Faisal Basri-Biem Benyamin dan Hendardji Supandji-Achmad Riza Patria agar menanti hasil resmi dari KPU Provinsi DKI. Ia juga mengatakan bahwa data yang diperoleh oleh Panitia Pengawas Pemilu terkait 50 persen dukungan yang gugur setelah verifikasi itu berbeda dengan data sementara yang ada di KPU Provinsi DKI.

"Yang pasti nanti akan diumumkan pada waktunya. Sekarang masih dihitung," kata Jamal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com