Atur Timeline Facebook Anda agar Privasi Terjaga

Kompas.com - 30/01/2012, 14:20 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Facebook telah memperkenalkan fitur Timeline, perubahan besar-besar pada halaman profil Facebook, sejak September 2011. Sampai saat ini, Facebook masih memberi kesempatan penggunanya untuk menggunakan profil "versi lama".

Namun beberapa minggu lagi, Facebook akan "memaksa" seluruh pengguna menggunakan Timeline. Meski sebenarnya banyak pengguna tidak menyukai fitur baru ini terkait masalah privasi.

Berikut lima hal yang harus Anda ketahui mengenai Timeline, sebelum Facebook benar-benar menerapkan fitur ini ke seluruh pengguna.

1. Maksimalkan penggunaan pilihan "Hide from Timeline"

Jika Anda tidak jeli mengatur Timeline, semua hal yang Anda lakukan akan terekspos dengan jelas kepada publik, meskipun mereka belum menjadi teman Anda di Facebook.

Jadi, manfaatkan pilihan "Hide from Timeline" agar Anda bisa menyembunyikan apapun yang ingin Anda sembunyikan dari orang lain.

Cara: Untuk setiap kotak posting Anda di profil, Anda bisa klik bagian kanan atas dan akan muncul pilihan bergambar pensil dan bintang. Klik pilihan bertanda pensil lalu pilih "Hide from Timeline" jika Anda menginginkan untuk menyembunyikannya dari Timeline.

2. Ganti cover album

Mungkin Anda sudah mengetahui cara mengatur album mana saja yang bisa dilihat oleh teman, oleh orang yang bukan teman, atau bahkan hanya dapat dilihat oleh Anda sendiri. Perlu Anda ketahui, untuk semua album yang Anda atur dengan pilihan "Public" akan muncul di Timeline Anda dengan cover album yang cukup besar dari sebelumnya.

Anda bisa memilih untuk mengubah cover album dengan foto yang menurut Anda paling menarik agar orang tertarik membuka album tersebut.

Cara: Klik menu edit album pada albumAnda, klik edit foto, lalu pilih foto mana yang paling menarik menurut Anda, dengan memberi tanda titik pada pilihan "This is the album cover".  

3. Bijak menggunakan Geotag
Facebook sekarang telah melengkapi Timeline dengan informasi geotag, dimana foto dan album foto bisa dilengkapi dengan lokasi.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X