Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Susun Disiapkan untuk Warga Bantaran Kali

Kompas.com - 26/01/2012, 12:45 WIB
Ichwan Susanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perumahan Rakyat kini sedang mematangkan rumah susun Sewa sebagai lokasi hunian layak bagi warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung, Jakarta.

Dalam tahun ini, pembangunan akan dimulai sehingga dapat selesai dalam tiga tahun mendatang.

"Kami bersama kementerian dan instansi terkait lainnya sedang persiapkan lahan dan semoga tahun ini bisa dimulai pembangunannya," ucap Djan Faridz, Menteri Perumahan Rakyat, Kamis (26/1/12), usai mengikuti rapat koordinasi setingkat menteri tentang Penataan Permukiman Kumuh di Bantaran Sungai Ciliwung yang dipimpin Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.

Perkiraan awal dalam penataan dan normalisasi Sungai Ciliwung akan merelokasi 34.051 keluarga dari Manggarai hingga Kalibata. Pembangunan rumah susun sewa menggunakan lahan negara dan juga TNI AD di tujuh lokasi.

Djan mengatakan, selain pembangunan fisik senilai Rp 7 triliun juga dilakukan penguatan ekonomi dan kesehatan warga di rumah susun. "Kalaupun dikatakan penggusuran, ini penggusuran bermartabat," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com