Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Diskon, Turis Padati "Factory Outlet" Bandung

Kompas.com - 26/12/2011, 15:30 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejumlah  factory outlet (FO) di Bandung menggelar promo dan diskon besar-besaran pada Liburan Natal dan Tahun Baru 2012.

"Momen liburan Natal dan Tahun Baru 2012 yang berbarengan dengan liburan sekolah jelas sangat menguntungkan dan kami lakukan promo dan diskon produk," kata Marketing Communication TNT Grup, Raka Zaipul, di Bandung, Senin.

Menurut Raka, hampir semua gerai dan FO di Kota Bandung menggunakan momen akhir tahun ini untuk mengeluarkan seluruh produknya sekaligus memberikan diskon besar-besaran.Ia mencontohkan, FO dibawah TNT Group yang berjumlah empat unit menggelar pesta diskon hingga 70 persen.

"Semua promo belanja dilakukan untuk menyambut wisatawan domestik dan asing yang berlibur di Kota Bandung pada akhir tahun ini. Terbukti, sejak dimulai pada pekan ini, kunjungan wisatawan ke FO TNT Group meningkat pesat," kata Raka.

Ia menyebutkan ada peningkatan yang cukup signifikan untuk pengunjung yang datang ke FO. Rata-rata wisatawan asing yang datang berasal dari Malaysia, Singapura dan Timur Tengah. Kalau wisatawan domestik banyak dari luar Jawa.

Sementara itu, sejumlah FO di Jalan Riau Kota Bandung tampak dipadati pengunjung luar Kota Bandung. Hal itu terlihat dari banyaknya kendaraan roda empat yang plat "B" (Jakarta) yang terparkir di kawasan tersebut. Warga asal Jakarta Irfan (25) menuturkan, dirinya dan keluarga kecilnya sengaja datang ke Bandung untuk menghabiskan liburan Natal kali ini.     

"Ya sengaja jalan-jalan ke FO. Kalau datang ke Bandung itu lengkap, selain belanja kita juga bisa icip-icip atau wisata kulinernya kayak Batagor. Apalagi sekarang banyak makanan seperti keripik Ma Icih, Brownies di dekat FO ini," ujar Irfan yang didampingi istrinya Mirna.    

Akibat banyaknya warga luar Kota Bandung yang datang ke FO, arus lalu lintas di Jalan Riau menjadi tersendat dan menimbulkan kemacetan. Sementara itu,  karyawan FO di Jalan Riau Kota Bandung, Indah menuturkan, jumlah pengunjung pada saat libur Natal dan Tahun Baru meningkat hinga 30 persen. Menurut Indah, selain pengunjung dari luar Kota Bandung, ada juga pengunjung dari luar negeri seperti dari Malaysia.     

"Mungkin karena sekarang kan ada penerbangan Bandung-Malaysia, jadi semenjak di buka penerbangan itu warga Malaysia bisa berbelanja di sini," ujar Indah. Diperkirakan jumlah pengunjung yang berbelanja di sejumlah FO yang ada di Kota Bandung ini akan terus meningkat hingga memasuki libur akhir tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com