Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kado di Hari Ibu dari Transjakarta

Kompas.com - 22/12/2011, 12:41 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bertepatan dengan perayaan Hari Ibu, Kamis (22/12/2011), bus transjakarta melakukan launching area khusus wanita pada semua koridor bus transjakarta yang ada. Penerapan area khusus wanita ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada para wanita saat melakukan perjalanan dengan bus transjakarta.

"Ini merupakan kado bagi para penumpang wanita di Hari Ibu ini. Sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi penerapan area ini," kata Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta M Akbar, saat launching Area Khusus Wanita di Halte Sarinah, Jakarta, Kamis (22/12/2011).

Dia menjelaskan, pemberlakuan area khusus wanita itu tersebar pada 524 bus transjakarta yang tersedia. Di setiap bus terdapat chain flag sepanjang 15-50 sentimeter yang menandakan bahwa area tersebut khusus untuk penumpang wanita.

Selain itu, dipasang juga stiker penanda di jendela-jendela bus transjakarta ini sebagai penanda. Tidak hanya itu, para petugas on board juga akan mengarahkan para penumpang wanita untuk mengisi bagian depan bus yang merupakan area khusus wanita.

"Kalau bagi penumpang yang berpasangan dan tidak mau berpisah, maka bisa langsung menuju bagian belakang," ujar Akbar.

Kendati demikian, dia menjelaskan, jika situasi dan kondisi dalam bus sangat penuh, seperti yang biasa terjadi pada jam-jam padat,  para penumpang lelaki diperbolehkan untuk ke area khusus wanita. Namun, dengan catatan, kondisi tersebut hanya boleh jika mendesak.

"Kalau situasinya penuh dan lelaki lebih banyak, jadi boleh ke area wanita, tapi itu hanya mendesak," kata Akbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com